Skip navigation

hot-chocolateHot chocolate, sempurna untuk menutup hari ini. Setelah seharian tadi kepanasan, keringet gak keluar tapi badan jadi peliket & bau..

Mana mikirin web belajarkonseling.com untuk pembelajaran konseling jarak jauh, yang ternyata gak segampang install Moodle lalu jalanin apa adanya.

Moodle, script e-learning ini emang powerful banget. Kita bisa kali bikin sekolah tanpa ketemu. Hmm, boleh jadi dipake untuk menunjang homeschooling soalnya dari materi pelajaran sampe aktivitas macem2, sampe penilaian juga ada. Itu baru standard, masih bisa install add-on macem2. Tapi ada masalah, yaitu hak akses suatu pelajaran tertentu harus diset students-nya satu per satu. Padahal kita pengennya hak akses itu dalam bentuk groups. Misalnya group “A” berarti dia bisa akses modul 1-3 aja, group “B” cuma bisa akses modul 1-5, dst. Kalo satu per satu, mabok dahh. Lah iya, kalo yang ikut cuma belasan atau puluhan. Lah kalo sampe ratusan (moga2 sih), siapa yang mau maintain? Berhubung cuma gue yg bisa, ya gue ketempuhan. Capek dehhh..

Terus gue pikir, kenapa gak pake Joomla aja? Kan gue udah mulai bisa pake yg satu ini. Ada sih extension yang namanya JUGA (Joomla User Group Access), fungsinya kira2 seperti yang kita mauin, tapi..

1) Commercial license alias kudu bayar –kalo gak salah ₤50 atau sekitar

2) Gue coba download versi b@j@k@nnya, yaa sekadar untuk uji coba dulu. Eehhh kok gue keblinger, gak ngerti..

Tadi sore pulang kerja, janjian sama Anna di tempat fotokopi si Om (saking bekennya dengan panggilan itu, Anna pun gak tau nama aslinya), lalu nemenin Anna belanja kemeja. Emang sih, gak hiburan buat gue. Tapi Anna keliatannya seneng, dan menular ke gue, gue juga jadi senang. Apalagi dilanjutin dengan makan malam bersama, di Mie Tasmal. Abis itu nengokin tante Magda yang operasi lutut dan ketemu beberapa orang dari gereja di RS itu. Senang juga liat saudara seiman bersekutu kayak tadi: berempati pada yang sakit, ngobrol ringan dan ketawa-ketiwi.

Anna malam ini, seperti malam akhir minggu biasanya, nginep di rumah mbah. Dia sempat cerita tentang acara pengobatan massal yang berlangsung baik, hubungan guru dan ortu POPS juga baik, mereka bisa kerjasama, terus cerita tentang mau ada perubahan formasi di jajaran guru di SD. Gue senang dan bangga karena Anna udah sampai di tahap dimana suaranya sangat diperhitungkan, meskipun dia masih muda, pengalaman baru 5 thn (ada temennya yang lebih lama) & belum punya gelar akademis.

Berhubung gue udah gak nyaman krn peliket dan ngerasa badan bau (dan udah jam 9 malem), gue pamit dari rumah mbah. Sampe rumah mandi shower, swegerrr.. Terus ya itu tadi, ditutup dengan hot chocolate. Sempurna. Nggak lupa menulis blog. What a day.

I’m gonna sleep smiling tonight 😀

*Foto diambil dari healthyhollywood.com

Tinggalkan Balasan

